• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 20.00
  • Status Order
  • Tlp: 085727004955
  • SMS/WA: 085727004955
  • hani.sardjono@gmail.com
Terpopuler:

3 Strategi Jitu Menghadapi Perang Harga

15 March 2019 - Kategori Blog

3 Strategi Jitu Menghadapi Perang Harga

Husnahijab.com, Klaten Sebagian besar dari kita akan berpikir bahwa menurunkan sebuah harga produk adalah solusi untuk mendapatkan banyak penjualan. iya kan? Tapi semua ada resikonya. Resikonya ini yang jadi masalahnya. Kenapa perang harga itu ga baik? Kenapa nurunin harga produk semurah mungkin itu juga ga baik? Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang 3 strategi jitu untuk menghadapi perang harga.

Bisnis apapun, di dalamnya ada 3 elemen yang langsung berhubungan dan saling membutuhkan. 3 elemen tersebuat adalah :
1. Ada pasar
2. Ada pembeli
3. Ada penjual
Ketiga elemen ini saling membutuhkan. Kalo mati salah satu, lainya akan menjadi pincang! Nah ketika kamu menurunkan harga yang pasti di bawah harga pasar, kamu berarti membunuh 3 elemen sekaligus. Dari sisi pasar, kamu membuat harga tawar produkmu di pasar makin rendah. Dari sisi pembeli, kamu membuat pembelimu punya mental cuma mau beli produk atas dasar duit. Dari sisi penjual, kamu membuat penjual lain akan mengikuti caramu. Akhirnya, produk yang sama ato mirip ga akan ada harga dirinya. Nah, sudah jelas dampaknya kan? Saat kamu menurunkan harga produk jauh di bawah harga market, 3 elemen langsung akan kena dampaknya. Sekilas itu akan nampak keren! Karena melakukan sesuatu 3 elemen langsung kena tembak. Taaaaapiiiii, masalahnya. BISNIS GA BUTUH KEREN KERENAN!

Dari 3 elemen tadi, kita bahas perang harga dari sisi penjual bukan dari sisi lainya. Coba kamu bayangkan! Ketika banyak penjual dengan produk yang sama tapi harganya jauh lebih murah??Sakit kan?? Secara mental psikologis, ini sudah memberi pengaruh ke depan untuk si penjual. Akhirnya, banyak yang terjun bebas ikut ikutan menurunkan harga produknya! Kalo sudah begitu sudah jelas, mayoritas penjual dengan produk yang sama akan berlomba lomba buat murah murahan harga produknya tanpa naikin value produknya. Harapan si penjual dengan murah murahan harga adalah jelas naiknya jumlah penjualan. Selanjutnya membuat penjual lainya kehilangan pembelinya dengan harapan pembelinya lari ke dia. Dan terakhir berharap pembelinya akan setia menjadi loyal customer. Mungkinkah?? Jawabanya : jelas ga mungkin!

Pertama mungkin iya bener penjualanya meningkat. Tapi apa selanjutnya akan seperti ini terus? Kedua berharap penjual lain kehilangan pembeli. Kamu sadar gak? Kalo seharusnya penjual lain itu bisa berkolaborasi sama kamu. Bukan malah saling bunuh! Ketiga , dapet loyal customer. Mana ada orang beli atas dasar duit aja trus jadi loyal customer? Ngimpiiii…Sekarang sudah jelas kan? kenapa perang harga yang ada dan datang karena saling murah murahan produk itu ga baik? Kalo sudah seperti itu tadi yang terjadi maka yang ada adalah market tidak ada nilainya. apalagi produknya. Produk jelas anjlok value nya. Otomatis ga ada manfaatnya sama sekali di mata pembeli. Penjual akan lari dengan produk lain sebagai penggantinya. Otomatis marketnya juga akan berubah.

Jadi apa yang harus kamu lakukan kalo ada penjual dengan produk yang sama/ mirip dengan  produkmu tapi banting harga gila gilaan jauh di bawah harga pasar?
1. Daripada naikin harga, kenapa ga memilih nambah value? Misal nambahin bonus, kualitas lebih bagus, pelayanan yang lebih ramah, dll.
2. Belajar dari sekarang buat PASAR sendiri.
3. Build database customermu agar kapanpun dan apapun yang kamu jual besok kamu ga bingung mau jualan ke siapa.  (Adhitiya Tri)

,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat ke WA Husna Hijab