14 Ciri Jilbab Kain Ceruti Dan Cara Merawatnya

14 Ciri Jilbab Kain Ceruti Dan Cara Merawatnya

Jilbab dari kain ceruti

Kain Ceruti

Kain ceruti adalah salah satu jenis varian atau turunan dari kain sifon. Kain ini mulai banyak digunakan untuk jilbab dan gamis pada sekitar tahun 2012. Kain ceruti ada berbagai grade/ kualitas. Kualitas Premium dan biasa. Selain itu coraknya juga ada yang polos dan motif seperti motif bunga, garis, dll.

Adapun bahan ceruti ada yang lokal dan import. Harga kain ceruti ini pun ada bermacam macam berdasarkan grade atau kualitasnya.

Pada perkembanganya, jenis ceruti pun ada bermacam macam, yaitu ceruti premium, ceruti georgette, ceruti ultimate, ceruti amunzen dan yang terbaru dan langsung mendominasi dalam pasar fashion terutama jilbab dalam 5 tahun belakangan ini adalah ceruti babydoll.

Namun, perbedaan mendasarnya dari beberapa jenis ceruti di atas adalah pada tingkat ketebalan, perabaan dan kelenturanya.

Diantara semua jenis ceruti, jenis Babydoll memiliki karakteristik dengan ketebalan paling tebal diantara lainya. Dia juga lebih tegas perabaanya seperti kulit jeruk. Tapi ceruti babydoll ini juga memiliki kelenturan paling tinggi di antara lainya. Tingkatnya juga berbeda beda ada yang premium dan biasa. Untuk yang premium, lebih tebal lebih halus dan tentu saja lebih jatuh.

Contoh Gambar kain ceruti adalah sebagai berikut :

Kain ceruti

Campuran dari kain ceruti ini adalah sifon, serat poliyester, dan crepe. Kain ceruti ini memiliki karakter yang unik yaitu teksturnya mirip sifon tapi penampakanya dan perabaanya mirip kulit jeruk. Karakteristik selanjutnya yaitu kainnya lentur, flowy atau jatuh sehingga apabila digunakan untuk jilbab dan pakaian akan terasa sangat nyaman.

Untuk warna kain ceruti cenderung lebih banyak dari jenis kain bahan jilbab lainya. Biasanya bisa sampai hampir 30 warna, mulai dari warna bold/ warna gelap dan tegas sampai warna pastel/ warna terang tapi lembut.

 

Ciri kain Ceruti

Adapun ciri ciri kain ceruti yang lebih spesifik adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki Permukaan yang mirip dengan Kulit Jeruk.

          Secara tekstur sekilas, kain ceruti ini memiliki permukaan mirip kulit jeruk, tapi tetap halus saat diraba, lebih lembut dan flowy atau jatuh Ketika dipakai.

  1. Terdapat Serat yang Membentuk Gelombang.

          Bentuk gelombang ini akan terlihat dengan jelas apabila kain cerutinya diterawang  terlebih dahulu.

  1. Lembut dan elastis, juga mudah dibentuk.
  2. Memiliki massa agak berat, sehingga tidak mudah melayang di udara Ketika tertiup angin.
  3. Beberapa jenis ceruti mudah disobek tanpa harus digunting, khusus untuk ceruti jenis babydoll harus menggunakan gunting.
  4. Adem dan nyaman saat digunakan, karena kain ini tidak terlalu tebal.
  5. Jenis ceruti yang Grade A mudah menyerap keringat sehingga tidak mudah bau.
  6. Mudah dicuci.
  7. Tidak gampang melar / buluk.
  8. Tetap rapi meski tanpa di setrika.
  9. Warna kain tidak mudah pudar.
  10. Hijab yang menggunakan kain ceruti tampak elegan dan mewah.
  11. Harga sangat terjangkau.
  12. Dapat digunakan dalam berbagai situasi, untuk hangout, ke kampus, sekolah, dan juga kondangan.

 

Bahan ceruti apabila digunakan untuk jilbab akan jatuh sebagus ini.

 

Kain ceruti untuk jilbab pashmina instan

 

Beberapa Jenis Jilbab Yang Berbahan Ceruti

Kain ceruti dapat dibuat jilbab dengan beberapa jenis model, yaitu bergo, khimar, segiempat, segiempat instan, pashmina dan pashmina instan. Masih bingung apa perbedaan dari model model jilbab ini?

 

Model bergo

Jilbab model bergo adalah salah satu jenis jilbab paling praktis. Biasanya ada yang pet dan non pet. Ukuran biasanya standard bagian depan 70 cm bagian belakang 80 cm.

Untuk salah satu model bergo produksi Husna Hijab ini biasanya dipakai oleh ibu ibu yang sudah usia 30 ke atas.

Model bergo ceruti dari kain ceruti

Model khimar

Model jilbab khimar atau jilbab syari atau jilbab besar, biasanya dipakai dengan cadar tapi dapat juga tanpa cadar. Khimar ini biasanya menggunakan pet, non pet ataupun softpet. Softpet biasanya berupa kain tipis sebagai pengganti pet yang umum digunakan untuk khimar berbahan ceruti, dimana softpet ini bisa mengoreksi bentuk wajah bulat sehingga bisa terlihat lebih tirus.

 

Model jilbab khimar bahan ceruti

Model Segiempat

Segiempat bahan ceruti biasanya dibuat segiempat dengan ukuran jumbo atau di atas 110 cmx 110 cm. Ukuran yang lazim di request biasanya 130 cm x 130 cm, tetapi ada juga yang kadang request ukuran 145 cm x 145 cm.

 

Jilbab segiempat dari kain ceruti

 

Model Segiempat Instan

Untuk model jilbab segiempat instan, biasanya jilbab di buat segitiga lalu bagian dagu di jahit beberapa cm untuk lubang wajah. 

 

Model jilbab segiempat instan bahan ceruti

 

Model Pashmina

Pashmina adalah jenis jilbab berbentuk seperti selendang panjang. Jilbab ini sudah ada sejak jaman dulu kala dengan bahan awal sejenis katun. Namun semakin kesini, jenis bahan yang digunakan untuk pashmina pun ada bermacam macam. Ceruti adalah salah satunya. Biasanya pashmina ukuran standard adalah 180-190 cm x 65-70 cm. Selain ukuran biasa, ada juga ukuran syari, biasanya 200 cm x 90 cm.

 

Jilbab pashmina dari bahan ceruti

 

Model Pashmina Instan

Model pashmina instan ini merupaka solusi bagi yang suka dengan pashmina tetapi ingin praktis tanpa harus lilit sana sini dan tidak menggunakan pentul ataupun peniiti. Jenis pashmina ini awalnya berukuran 180 cm x 70 cm, dan setelah dijahit menjadi pashmina instan Ketika di pakai bisa menjadi Panjang depan 70 cm dan Panjang belakang mencapai 90 cm. meskipun model jilbab instan, tetapi pashmina instan ini masih bisa di kreasikan lagi ya tergantung keinginan pemakainya.

 

Model jilbab pashmina instan bahan ceruti

 

                   

UNTUK SEPUTAR INFO DAN PRODUK HUSNA HIJAB SEPERTI PRODUK TERBARU, GIVEAWAY DAN PROMO,

SILAHKAN HUBUNGI WA ADMIN HUSNA HIJAB :

 

085.727.004.955

 

                                      

 

Video Preview Jilbab Dengan Bahan Kain ceruti

 

Cara Merawat Jilbab Berbahan Kain Ceruti

Setelah mengetahui karakteristik, ciri ciri dan jenis hijab dari kain ceruti, nah bagaimana cara merawatnya?

Perawatan Jilbab Bahan Ceruti ini adalah cukup mudah.
1. Cuci hijab dengan tangan, hindari dalam mesin cuci.
2. Gunakan detergent lembut.
3. Kucek kucek ringan.
4. Hindari menjemur dalam terik matahari terlalu tinggi.
5. Setrika dengan suhu rendah. Perhatikan arah dan lipatan saat menyetrikanya. Jangan menyetrika dalam kondisi terlipat karena akan meninggalkan bekas.

 

Cara Penyimpanan Jilbab Berbahan Kain Ceruti

Jilbab dengan bahan jenis ini dapat disimpan dengan cara di lipat dan ditumpuk dalam lemari, digantung, atau di gulung dan dimasukan di tempat penyimpanan khusus.

Jilbab yang digantung pada hanger akan selalu rapi karena tidak mengalami penekanan dari tumpukan jilbab yang lain.

Selain itu akan memiliki wangi yang tahan lama karena tidak terkontaminasi dari hawa lembab sekitarnya.Sekarang sudah banyak juga tempat penyimpanan jilbab portable yang berupa hanger terdiri dari banyak gantungan dan luarnya dilapisi atau di tutup dengan plastik.

Selain cara di atas, cara menyimpan jilbab juga bisa dengan cara di gulung lalu di tempatkan di tempat khusus.

Agar gulungannya tidak terlalu besar, bisa dengan memanfaatkan kardus yang berbentuk bulat. Caranya adalah, pertama jlbab dapat dilipat menjadi 2 bagian lalu digulung mengikuti kardus bulatnya, agar tidak terlalu panjang saat ditaruh dalam lemari.

 

Cara Menghilangkan Noda Atau Kotoran Pada Kain dan Jilbab Ceruti

Kotoran yang berupa minyak atau sejenis oli, kecap atau darah adalah beberapa jenis kotoran yang susah dibersihkan dengan detergen biasa.

Lalu bagaimana cara membersihkan jilbab ceruti apabila terkena kotoran yang sangat spesifik seperti sejenis minyak, kecap atau noda darah?

Kotoran tersebut dapat dibersihkan dengan sabun mandi, cairan pencuci piring, detergent, cuka, dan baking soda.

  • Sabun ini sangat ampuh untuk menghilangkan kotoran pada baju kita yang berupa darah. Darah adalah salah satu noda yang tidak dapat di hilangkan dengan detergen biasa dan hanya sabun yang dapat menghilangkanya.

          Cara menghilangkanya cukup basahi jilbab atau baju yang terkena kotoran darah lalu aplikasinya sabun mandi dan kucek.

  • Cairan pencuci piring dan Detergen bubuk

          Untuk noda minyak yang ringan dapat menggunakan cairan pencuci piring dan detergen bubuk biasa.

          Caranya cukup di aplikasikan cairan pencuci piring atau detergen lalu kucek dan bilas dengan air

  • Cuka

          Cuka cukup ampuh untuk menghilangkan noda minyak dan kecap pada kain ceruti. Caranya campur cuka dengan air dan rendam jilbab atau baju dengan bahan ceruti.

           Ulangi dengan detergen lalu bilas.

  • Baking Soda
  • Baking soda cukup ampuh untuk menghilangkan noda pada kain ceruti. Caranya campurkan baking soda dan air hingga membentuk pasta lalu oleskan pasta yang sudah jadi ke kain yang kotor.Bisa juga disikat dengan sikat lembut sampai kotoran hilang.
  •  

Jangan lupa gabung grup telegram Sharing dan Caring Husna Hijab ya untuk mendapatkan update dan info promo menarik seputar produk Husna Hijab. Untuk gabung silahkan Klik :

Grup telegram Husna Hijab Sharing And Caring

                                  

UNTUK SEPUTAR INFO DAN PRODUK HUSNA HIJAB SEPERTI PRODUK TERBARU, GIVEAWAY DAN PROMO,

SILAHKAN HUBUNGI WA ADMIN HUSNA HIJAB :

 

085.727.004.955

 

                                      

     

 
CHAT KAMI